Cara Meningkatkan Ranking Alexa Untuk Website/Blog

Diposting oleh Unknown on Rabu, 02 Desember 2009

Setelah anda membaca artikel Cara meningkatkan traffic blog.semoga postingan saya kali ini bisa membantu blog anda agar tetap exis di dunia internet. Website yang menjadi bagian dari Amazon.com dan menyediakan informasi mengenai traffic suatu website/blog. Alexa Rank dapat dijadikan gambaran mengenai jumlah pengunjung yang mendatangi suatu blog dan terekam oleh alexa. Banyak webmaster yang menilai, Alexa Rank kurang akurat dibandingkan PageRank milik google. Alexa masih bisa di cheat oleh para webmaster berpengalaman.

Jika memang Alexa kurang akurat dibandingkan PageRank, lantas Mengapa Alexa Penting???
Jawabannya, Karena ada beberapa website layanan iklan komersil memberikan syarat ranking alexa pada batasan tertentu. ReviewMe, Text Link ads, Sponsored Review adalah 3 diantaranya. Jika kita  tidak berkeinginan menggunakan layanan iklan komersil atau tidak ingin menjadikan blog kita sebagai monetize blog, peningkatan ranking alexa bisa dipandang sebagai upaya untuk melakukan sedikit optimasi yang bisa bermanfaat bagi kualitas blog.

Untuk menaikkan posisi alexa, saya akan mencoba sedikit share mengenai langkah-langkahnya:

1. Memasang sidebar berisi Alexa Rank Widget 
tidak usah malu meskipun Alexa Rank masih 5 jutaan misalnya. Namanya juga sedang usaha, Kode Alexa dapat didownload dari http://www.alexa.com. Pemasangan kode alexa sama seperti pemasangan kode HTML pada umumnya.

2. Memasang Plugin Alexa.
Internet Explorer bisa menggunakan alexa toolbar, namun sebagian webmaster tidak mau karena ada kemungkinan Alexa Toolbar untuk Internet Explorer disusupi malware. Jika kita menjadi admin dijaringan kantor, upaya ini akan lebih berhasil jika kita bisa secara narcise memasang website/blog kita sebagai homepage utama dan memasang plugin-nya pada setiap browser, yakinlah alexa kita bisa cepat melesat.


3. Gunakan Redirect pada link yang menuju blog kita.
Sebagai contoh, gunakan http://redirect.alexa.com/redirect?blog-banyumas.blogspot.com
Ganti blog-banyumas.blogspot.com dengan URL blog yang anda miliki. Gunakan redirect ini pada setiap kesempatan, misalnya pada signature email maupun signature forum yang kita ikuti.

Tiga cara diatas sebenarnya sudah mampu meningkatkan posisi Alexa Rank yang kita miliki. Untuk lebih meningkatkan lagi, saya akan menambahkan beberapa optimasi, pada postingan saya berikutnya.

Selamat mencoba,

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar